KM Jelatik Siap Berangkat ke Selat Panjang

Terapkan Protokol Kesehatan, Aktivitas Kapal di Pelabuhan Sei Duku Resmi Dibuka 

Kadishub Pekanbaru Yuliarso SSTP MSi

 

Laporan Hendri Zainuddin
Pekanbaru

      KEPALA  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso SSTP MSi menyampaikan bahwa pengoperasian aktivitas sejumlah kapal di Pelabuhan Sei Duku resmi dibuka sejak Senin (8/6/2020). 

Pengoperasian kapal melalui sungai ini setelah pihaknya melakukan rapat bersama sejumlah pihak terkait, baik dari kementerian maupun stakeholder jajaran pemerintah daerah.

"Jadi kita sampaikan bahwa pengoperasian kapal sudah resmi dibuka. Sementara untuk hari ini, Selasa (9/6/2020) kapal yang sudah menyatakan siap untuk berangkat yakni Kapal Motor (KM) Jelatik dengan tujuan Selat Panjang. 

Namun, kita tetap ingatkan kepada penumpang agar menerapkan protokol kesehatan saat berada di dalam kapal, Karena saat ini masih disinyalir perkembangan Covid-19 masih berlangsung.," ujar Yuliarso  kepada Kiblatriau.com, Selasa (9/6/2020).

Dijelskn Yuliarso, pengawasan yang akan dilakukan tim gugus tugas ini akan bekerjasama dengan operator dan beberapa agen di pelabuhan, guna untuk mengatur beberapa kru di moda transportasi air maupun regulasi untuk penumpang yang berangkat.

"Untuk penumpang tetap kita lakukan pembatasan. Contohnya Kapal Jelatik yang kapasitas normalnya 200 , maka kita jadikan 100 penumpang atau separonya 50 persen," terang Yuliarso.

Sementara itu, Kepala UPT Pelabuhan Sei Duku Etria mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan secara ketat aktivitas yang berlangsung di Pelabuhan Sei Duku, terutama dalam keamanan dan kesehatan penumpang. "Kita akan lakukan pengawasan dan pengawalan. Jadi, setiap penumpang yang akan berangkat harus menerapkan protokol kesehatan. Hal ini kita lakukan agar mencegah dan memutus mata rantai covid-19," ujar Etria.

Diketahui moda transportasi air yang beroperasi di Pelabuhan Sei Duku antara lain, Naga Line, Meranti Ekspres, dan Kapal Motor (KM) Jelatik Ekspres***.

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar